Artefak Berusia 4.000 Tahun Ditemukan di Inggris

LONDON - Akreolog menjelajahi Dartmoor National Park dan menemukan artefak berusia 4 ribu tahun lalu. Benda peninggalan bersejarah ini merupakan manik-manik tertua yang pernah ditemukan di Inggris.
Dilansir Softpedia, Selasa (19/2/2013), ditemukan di dalam peti mati yang terkubur, manik-manik ini dikatakan sebagai salah satu temuan sejarah paling penting di abad ini. Selain menemukan artefak berusia ribuan tahun, arkeolog juga menemukan tulang, gigi, tekstil dan perhiasan dalam peti mati tersebut.
Dari benda-benda yang ditemukan tersebut, arkeolog tertarik dan menduga bahwa manik-manik ini telah dibuat manusia pada zaman Perunggu. Tampaknya, manik-manik ini memiliki kandungan emas dan sampai di Inggris dari salah satu tempat di wilayah Baltik.
Kepala arkeolog Jane Marchand mengungkap bahwa temuan ini adalah sebuah hal yang menakjubkan. "Kita tidak tahu bahwa kita bisa berakhir dengan sesuatu yang mengejutkan sebagai tulang belulang manusia," ungkap Jane.
Ia menjelaskan, manik-manik berwarna kuning ini kemungkinan berasal dari wilayah Baltik. Menurutnya, ini telah melalui jalur perdagangan jarak jauh di 4.000 tahun lalu.
"Artefak ini menunjukkan, Dartmoor bukan wilayah yang terisolasi," tuturnya. Arkeolog sebelumnya menduga bahwa wilayah Dartmoor merupakan area yang sulit dijangkau.
Lebih lanjut ia mengatakan, misteri ini kemudian terkuak. "Menjadi bagian dari temuan bersejarah ini benar-benar menakjubkan," imbuhnya.

Sumber berita : http://berita.plasa.msn.com/teknologi/okezone/

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blog's Archives