Tombol Unlock Handbrake Avanza Mudah Pecah

Tombol Unlock Handbrake Avanza Mudah Pecah

Sudah menjadi rahasia umum, kalau Toyota Avanza memiliki kelemahan pada seputar handel rem tangan. Tombol untuk unlock rem tangan kerap kali kedapatan pecah atau retak

Ini lantaran material plastik tombol mendapat beban cukup tinggi saat handbrake diaktifkan (diangkat). Namun tak usah kuatir bila tombol handbrake pada besutan kesayangan kedapatan pecah. 


Bentuknya menyerupai silinder yang diberi jalur drat (ulir) untuk dipasangkan kembali ke tuas unlock. Kini cukup dengan membeli tombol spare seharga Rp 40 ribu di toko langganan, handbrake kembali berfungsi normal (Gbr.1).

Cara pemasangannya juga sangat mudah. Tinggal melepas tombol dengan memutar berlawanan arah jarum jam alias counter clock wise (CCW) (Gbr.2). Setelah terlepas akan terlihat tuas unlock yang dilengkapi drat atau ulir (Gbr.3).
Pasangkan kembali tombol yang masih gres sama seperti saat mencopot. Lakukan dengan hati-hati untuk memastikan ulir tuas dan tombol benar-benar klop (Gbr.4). 


Sekadar tips agar tombol handbrake tak cepat retak, adalah membiasakan diri menekan tombol handbrake saat ingin mengaktifkan rem tangan (Gbr.5).

Proses yang sama dengan saat melepas rem tangan. Dengan cara ini, tombol handbrake bisa bertahan lebih lama karena tuas unlock tidak ‘bermain’ menghajar tombol plastik secara terus menerus


View the original article here

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blog's Archives