Seberapa asli Jok Kulit anda ?

Seberapa asli Jok Kulit anda ?

Pada umumnya , Kulit2 yang dipakai untuk Jok Mobil ada beberapa jenis ,. Tentunya ada kelemahan dan kelebihannya masing-masing :

1.Syntetic Leather ( Kulit Sintetis )

Kulit sintetis dibuat dari kain yang terlihat seperti kulit. Kulit sintetis memiliki permukaan seperti kulit, dicelup/dyeing dan di spray
Karena tampilannya yang bisa menyerupai kulit asli , maka tak heran Hal ini sering digunakan sebagai pengganti untuk kulit asli karena lebih murah dan tidak memerlukan menggunakan Kulit hewan. kulit buatan atau sintetis dapat dicat berbagai warna. Hal ini juga dapat membuat awet dan tahan noda. Kulit buatan atau sintetis dapat dibuat agar terlihat seperti semua jenis kulit diinginkan(motif/corak). Banyak yang tetap mengidolakan kulit sintetis karena keragaman dalam penampilan dan murah di harga..bagi yang bosenan dan ingin gonta ganti warna interior sesuai mood , kulit sintentis adalah jawaban yang tepat.
Kelebihannya ada di sektor harga yang relatif murah,perawatan lebih mudah,Tidak mudah Kotor, karena sifat sintetis yg tidak menyerap air dan banyak pilihan warna dan model dan range harga yang bervariasi
Kekurangannya: Durability Kurang. Ketahanan bahan sintetis hanya bisa bertahan kira2 3 tahun, itupun jika pemakai tidak jorok , tidak memiliki aroma kulit ( Ini nih yang penting ),Tidak menyerap air TAPI menyimpan panas sehingga mengganggu pantat penumpang/driver ditambah pula mudah panas saat berkendara , warna cepat pudar ,pecah dan mengelupas (peel off ) karena kurangnya durability dan bahan cepat retak terkena panas maupun lembab.Lebih gampang sobek atau tergores benda tajam.
Menggunakan bahan PVC ( inget loh material PVC sudah di banned di hampir seluruh negara di dunia karena berpotensi menyebabkan penyakit kanker , iritasi kulit,gangguan kelenjar tiroid, gangguan memori, menurunnya kesuburan, perubahan perilaku, cacat lahir, serta gangguan pada organ tubuh bagian dalam. Menggunakan cat yang murahan , Cat yang murah cenderung mengandung bahan timbal/Lead dalam porsi yang banyak , Paparan timbal/ Lead=biasanya terdapat pada bahan pewarna/cat untuk pewarna kulit sintetis mapun kulit asli, hal ini juga meningkatkan risiko gangguan otak, terutama pada bayi dan balita sehingga ,penggunaannya harus dibatasi dalam kadar jumlah yang aman (biasanya Maks 90mg/Kg ,beberapa method menggunakan standard maks 40 ppm ) .Tapi tidak semua Kulit sintentis menggunakan PVC lho , ada pula yang menggunakan PU (Poly Urethane ) yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan , makanya tidak semua Kulit Sintetis itu murah dan berbahaya.

2.PU Coated Leather

PU Coated Leather atau Semi Kulit terbuat dari belahan kulit ( Split ) bagian ke 2-4 , dan dilapisi dengan material PU ( Poly Urethane ) cair dan kemudian di press/di emboss dengan Released paper ( Kertas pencetak ).
Secara gampang nya Kulit PU Coated adalah Kulit asli yang dilapisi dengan bahan bahan PU.

Keterangan Gambar : Lapisan Grain Hide adalah lapisan Kulit Ari (Biasanya untuk jenis kulit Fullgrain type,Aniline type dsb ) , Sedangkan lapisan kulit dibawahnya , sering dipakai untuk PU Coated leather ,suede Dsb , semakin dibelah kebawah,harga kulit semakin murah , biasanya 1 lbr kulit sapi bisa dibelah sampai 4 lapis
Lapisan Split ini yang digunakan untuk pembuatan PU Coated leather , semakin kebawah , struktur kulit semakin jelek dan harga semakin murah .

Kelebihannya yaitu Kita bisa mempunyai Jok berbahan kulit asli ( Walaupun bagian atasnya adalah lapisan PU ) , setidaknya kulit ini bisa mempunyai kekuatan/performance yang hampir mirip dengan kulit asli , jadinya harga bisa lebih murah ( Range harga antara $1,2 - $1,8 per squarefeet , 1 Sft = 30,28 cm X 30,28 CM ,tergantung motif dan model)
Menggunakan bahan PU yang ramah lingkungan/dan aman untuk kesehatan
Kekurangannya yaitu Bahan PU cenderung tidak awet dan durabilitynya kurang , apalagi termakan usia , terkena panas dsb , bahan PU gampang sekali retak atau bahkan mengelupas dan bahkan pudar.Dan PU Coated leather juga susah ditembus air (waterproof 95%) sehingga masih tetap bikin gerah pantat dan punggung.

3.Suede Leather

Suede Leather yaitu Kulit asli yang terbuat dari bagian kulit lapis ke 2 , Suede ini gampang dikenali dan susah untuk dipalsukan , karena bentuk serabut suede ini khas dan memiliki tekstur rambut yang halus maupun kasar
Kelebihannya tentunya di sektor harga lebih murah dibanding dengan kulit Fullgrain ( Range harga antara $1,8-$2,5 per Sft , mempunyai karakter yang unik (Seperti beludru kasar)
Kekurangannya adalah cara perawatan yang susah , karena material suede ini gampang sekali menyerap air/cairan , jadi yang punya harus rapih dan tidak jorok , karena begitu kena tumpahan kopi,susu atau cairan lain , akan membekas lebih lama dan susah dihilangkan apabila tidak segera dibersihkan.Suede ini dispray dengan menggunakan bahan Dyeing waterbase , jadinya sangat gampang untuk luntur (Color Migration) , hati2 apabila kena air/basah , bisa-bisa celana ente berubah warna karena kelunturan.Mudah jamuran apabila kulit suede ini sering dalam keadaan basah.
OOh iya , ane saranin , apabila mau memasang bahan suede ini , cek tingkat kelunturannya dengan menggoreskan kertas putih langsung keatas suede , kalau lunturnya berpindah ke kertas putih , maka sebaiknya dipertimbangkan kembali untuk tetap nekat membelinya.
Bahan suede ini akan kehilangan kelembutannya apabila sering terkena panas , walhasil suede ini terasa seperti amplas kalau sudah kelamaan.

4.Fullgrain Leather

Ini dia neeh yang menurut ane Kulit yang paling ideal untuk Jok Mobil .Kulit Fullgrain ini dibuat dari bagian lapisan kulit paling atas ( Ada kulit ari nya ) , kulit ini bisa terbuat dari sapi,kerbau,kambing,domba,babi,atau bahkan kuda )
Kulit yang biasanya dipakai untuk Jok Mobil biasanya terbuat dari kulit sapi , dispray dan dicetak menggunakan press mold sesuai permintaan.Gambar yang ane pajang adalah pesenan dari Customer ane khusus untuk Toyota Fortuner , honda Freed motifnya beda lagi.Ane Kurang paham apakah Pihak Toyota sengaja memakai Jok Kulit dari kulit sapi ini berdasarkan pesanan khusus atau memang spek nya begitu .Maklum ane bukan marketing nya .Karena ane cuma bagian Laborat& QC Manager di pabrik kulit ini ( Sengaja ane gak sebutin nama pabrik ane karena ane disini sedang tidak promosi dagangan:ngakak )
Kelebihannya : Tentunya kulit Fullgrain ini sangat kuat dan tahan lama , gampang perawatan , mudah dibersihkan , tidak mudah termakan usia , tidak gampang tergores , tidak gampang sobek dan pastinya tidak gampang mengelupas . Ya tentu saja bagus dan kuat soalnya kulit Fullgrain ini sengaja dibuat untuk bisa PASS atau lolos serangkaian test uji Physical ( Uji Ketahan fisik )


Test Method untuk Kulit Fullgrain khusus Jok Mobil biasanya terdiri dari :Taber Abrassion ( Test abrasive ) , test kekuatan tarik ( tensile ) , test kekuatan sobek ( Tear test ) , test daya ulur ( Elongation test ) , test fleksibilitas ( Flexometer test ) , test kelunturan warna( Color Migration ), test UV ( Yellowing resistance test ) dan yang terpenting RSL test ( Restricted Substance List ) atau biasa disebut test kimiawi terhadap material2 kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia.Kekurangan dari Kulit Fullgrain ini yaitu cuman satu , yaitu muaaahal , karena harga berkisar antara $2 -$4 , per squarefeet , tergantung motif,dan model.Belum lagi tidak semua tukang jok sanggup ngejahit nya , karena kulit ini sangat alot dan tebal.

Kebanyakan kita sering terjebak dan tertipu dalam membedakan kulit PU Coated Leather dan Fullgrain leather , karena sekilas benar2 mirip dan sama , saya aja yang sudah 5 tahun menekuni bidan perkulitan terkadang bingung untuk membedakan.:sorryTapi jangan khawatir , ada cara yang gampang untuk mengetesnya , saking gampangnya bahkan tukang jualan dompet kulit di Kopaja sampai tahu rahasianya , yaitu dengan cara dibakar memakai korek. Susah memang kalau mengetesnya ke kulit yang sudah terpasang di jok ( Bisa2 diomelin ama yang punya mobil , hehehe ).Makanya ane saranin , sebelum memasang Kulit ini , test dulu dan minta potong sedikit untuk dibakar

View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Blog's Archives