Tanda-Tanda Aki Mobil Bermasalah

Tanda-Tanda Aki Mobil Bermasalah

Aki adalah salah satu sumber kehidupan bagi sebuah mobil, namun jika ia tidak dirawat dengan benar, akan banyak masalah yang muncul yang akan menganggu perjalanan anda. Salah satu tandanya, jika mobil sulit untuk distarter, kemungkinan aki anda sudah minta diganti, atau dicharge ulang. Ada baiknya anda dapat memperhatikan beberapa indikasi yang ada yaitu :

1. Air aki berkurang, jika suhu air aki tidak normal akan terjadi penguapan pada waktu mesin melakukan charging, adalah menjadi tanda bahwa kualitas aki sudah menurun. Pengguna sering kali tidak tanggap menghadap kondisi yang ada, kalau hal ini sering terjadi, anda dapat membawa mobil ke bengkel terdekat untuk memeriksa apakah alternator mengalami overcharged atau tidak, jika kerja alternator normal, ini dapat menjadi gejala awal aki sudah saatnya untuk diganti.

2. Jika muncul seperti jamur berwarna putih yang ada pada bagian kutub aki, hal tersebut dapat muncul karena ada banyak penguapan yang terjadi akibat dari sel yang rusak, untuk itu, anda dapat memeriksa terminal positif dan negatif aki untuk dapat memastikan bahwa bagian tersebut bebas dari kotoran dan karat yang ada. Kondisi terminal aki yang bersih secara otomatis akan dapat menjamin pasokan listrik ke mobil dapat berjalan dengan lancar, anda juga jangan lupa untuk memeriksa cairan elektrolit yang ada, aki sekarang sudah dilengkapi dengan indikator jumlah air aki, dan jika kurang segeralah tambah, tetapi hati-hati jangan sampai berlebih. Hal lain yang perlu diingat adalah anda dapat memastikan aki terpasang pada tempatnya dan terikat dengan kencang.

3. Yang perlu anda tahu bahwa aki mempunyai batas sekitar dua tahun, apabila aki sudah berumur lebih dari dua tahun, sebaiknya anda dapat menggantinya dengan yang baru, usia tersebut tergantung pada modifikasi yang lebih berhubungan kepada kelistrikan yang ada, seperti audio dan lampu. Oleh karena itu sebelum anda melakukan modifikasi, anda dapat mempertimbangkan untuk kebutuhan listrik agar tidak menganggu kinerja mobil anda.

View the original article here

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blog's Archives