Kaki-Kaki Dan Power Steering Corolla Altis

Kaki-Kaki Dan Power Steering Corolla Altis

Corolla Altis ini memang yahud buat harian. Kabin penumpang luas dan nyaman serta mesin tipe 1ZZ-FE yang bandel, kerap juga jadi andalan pejabat dan pengusaha untuk dinas kantor maupun keluarga. Selain lincah, konsumsi BBM juga irit (1 liter :10 km).

Karena bandel, justru membuat pemilik lengah. Apalagi keluaran pertama yang sudah berusia 9 tahun, waktunya berbenah komponen.

?Namanya mobil berumur, komponen sudah mulai lelah,?

Bushing Arm
Corolla Altis enak diajak ngebut tanpa body roll di jalan tol sangat dipengaruhi dari tugas bushing arm belakang, selain dari sistem suspensi. Altis yang sudah uzur dipastikan memiliki bushing arm yang sudah afkir, apalagi kalau selama pemakaian lebih sering menghajar lubang dan jalan rusak.

Pilihan pengganti bisa 2 macam, versi assembly yang dipaket dengan ?tulang? alias arm set atau hanya membeli karetnya saja. Versi pertama adalah untuk suku cadang genuine Toyota sementara karet bushing untuk paket hemat versi aftermarket.

As Roda
Terlahir penggerak roda depan, as roda pegang peran vital sebagai rangkaian drive train. Ditambah joint yang kerap dipakai roda depan untuk belok. Umumnya Corolla Altis memiliki konstruksi as roda solid karena memang dirancang tahan banting.

Toh, tetap tak bisa menjadi patokan bila rute sehari-hari banyak menghantam jalan berubang atau bumpy. Belum lagi kebiasaan belok patah saat parkir. Bila sudah ada indikasi bunyi gluduk..gluduk saat setir belok, bisa jadi as roda mulai afkir.

Power Steering
Perangkat ini juga rawan bocor untuk Altis tua. Apalagi sistem masih hidrolis. ?Sil menahan beban tekanan besar sehingga berakhir dengan kebocoran,? jelas Budi.

Bila as steering rack tak ?luka?, berarti kebocoran dari sil yang sudah melar. Di sentra onderdil tersedia kit power steering versi asli atau KW.

View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Laman

Blog's Archives