Tips Turunkan Berat Badan


menurunkan berat badanBanyak cara melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Contohnya seperti olahraga berlama-lama, fitness, dan bahkan diet berlebihan yang justru bisa bikin makin stress. Namun ada koq cara gampang dan menyenangkan untuk menurunkan berat badan tanpa bikin stress. Rahasia turun berat badan sebenarnya adalah kinerja metabolisme yang baik. Metabolisme adalah tingkat kemampuan tubuh membakar makanan yang telah dikonsumsi. Peneliti percaya bahwa metabolisme yang baik setara hasilnya dengan berbagai macam program diet.


Kalau tidak percaya, silahkan lihat orang sekeliling anda yang memiliki tubuh proposional. Kebanyakan orang yang memiliki tubuh proporsional justru jarang melakukan program diet. Metabolisme yang baik sebenarnya adalah kunci sukses menurunkan berat badan. Ingin memiliki metabolisme yang baik? Berikut ini adalah beberapa cara asyik dan mudah untuk mempercepat tingkat metabolisme dalam tubuh.

1. Tertawa
Tertawa riang 100 kali ternyata hasilnya setara dengan pengeluaran energi 15 menit dengan bersepeda. Tertawa berguna untuk mengurangi hormon stres dan dapat memperbaiki sistem metabolisme seseorang. Hal ini juga berpengaruh pada perbaikan sistem imun/kekebalan tubuh dengan meningkatkan antibodi yang memproduksi sel T.

2. Mandi air dingin
Peneliti mengatakan mandi air dingin dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Suhu air yang rendah dapat menyebabkan terjadinya kontraksi otot dan tubuh yang mengigil, sehingga dapat meningkatkan metabolisme seseorang.

Sebenarnya tubuh akan mencoba kembali ke temperatur normal di saat merasakan suhu rendah. Kemudian tubuh akan melakukan pemanasan dan mengaktifkan sistem kekebalan, sehingga memproduksi lebih banyak sel darah putih.

3. Makan nanas
Buah nanas ternyata mengandung zat bromelain. Zat ini memiliki fungsi langsung pada sistem pencernaan dan dapat membantu penyerapan nutrisi makanan. Bromelain dalam buah juga meningkatkan fungsi sel pankreas untuk memecah zat makanan, sehingga dapat mempercepat metabolisme tubuh.

4. Minum teh hijau
Studi menunjukkan bahwa catechin yang terkandung dalam teh hijau bisa membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi tingkat indeks massa tubuh. Teh hijau berguna untuk menghilangkan LDL (kolesterol jahat).

5. Makan rempah-rempah
Peneliti mengatakan cabai dapat membantu kinerja metabolisme tubuh. Capsaicin yang dihasilkan oleh makanan pedas satu ini mampu mengoksidasi lapisan lemak. Makanan pedas juga dapat meningkatkan denyut jantung, memproduksi lebih banyak energi, sehingga makin tinggi kalori yang dibakar.

5 tips di atas berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Namun tetap diingat, olahraga dan makan makanan bergizi tetap jadi faktor penting tingkat berat badan seseorang. So, stay calm, and stay healthy!

sumber: detik

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blog's Archives